Bani Hamzah

Dan ‘hari-hari itu’ kami pergilirkan di antara manusia

Novel Ayat-ayat cinta (Kata Pengantar+Download Buku)

Posted by banihamzah pada April 26, 2007

Novel Budaya, Novel Reliji, atau Novel Cinta?

Hadi Susanto
Pemerhati Sastra dan Kandidat Doktor
Twente Universiteit, Belanda

ayat2-cinta.jpg

SAYA mengenal nama Habiburrahman El Shirazy sebagai salah seorang pengasuh tanya-jawab masalah Islam di Pesantren Virtual, yang berbasis di Cairo. Suatu hari saya memberanikan diri untuk menanyakan sebuah masalah fiqih langsung kepadanya. Dari situ persaudaraan kami bermula dan menjadi semakin erat dan hangat.

Hingga akhirnya pembicaraan tidak hanya mengenai dunia fiqih, Tapi juga menyangkut tulis-menulis karena kebetulan kami berdua mengikuti sebuah organisasi kepenulisan yang sama (Forum Lingkar Pena). Walaupun demikian sampai saat ini kami belum pernah berjumpa.

Salah satu hal yang saya tangkap dari seorang Habiburrahman adalah semangat menulisnya yang sangat tinggi. Beberapa kali saya mendapat kehormatan untuk membaca dan memberikan saran terhadap tulisan-tulisannya yang akan diterbitkan. Pada kali kesekian saya terkejut dengan munculnya permintaan untuk menuliskan kata pengantar atas novelnya yang sekarang berada dalam genggaman Anda.

Pertama kali menerima manuskrip novel ini, saya sudah curiga terlebih dahulu bahwa novel ini adalah novel islami yang menaburkan pesan-pesan moral kepada pembaca secara `vulgar’. Sudah bukan barang baru jika saya menyebutkan ada permusuhan antara sastra sekuler dengan sastra islami. Pencinta sastra islami menuduh sastra sekuler sebagai sastra profan (menurut Kamus Merriam-Webster profane berarti `yang merendahkan atau menodai sesuatu yang suci’). Secara otomatis dalam pikiran kita akan berkelebat nama. Ayu Utami (Saman dan Larung) hingga nama baru Dinar Rahayu (Ode untuk Leopold von Sacher-Masoch).

Sementara di sisi lain, Pencinta sastra sekuler menuduh sastra islami kchilangan nilai sastranya hingga buku sastra tidak lain adalah buku agama. Hal ini bisa dipahami jika kita,melihat bahwa banyak tulisan yang mengaku sebagai sastra islami menjadikan sastra sebagai alat berdakwah tetapi penulisnya lupa untuk menghias alat dakwah itu sendiri. Maka tersajilah pesan moral agama itu secara terbuka dan sangat jelas. Bagi sebagian kelompok orang, pesan-pesan seperti ini akan menjadi sesuatu yang vulgar.

Saya mengira akan menjumpai hal yang sama ketika membaca manuskrip novel ini. Namun ternyata sejak baris pertama saya terjerat pada kehalusan penulis dalam melukiskan suasana alam Mesir. Halaman pertama dibuka dengan penceritaan suasana Mesir di musim panas. Dari sini masuk tokoh utama yang dikenalkan kepada pembaca melalui rangkaian kegiatan sehari¬-hari tokoh Fahri. Penulis berhasil menjadikan tokoh Fahri hidup, bahkan kita seolah-olah menjadi Fahri dalam novel ini. Hal ini berhasil dicapai terutama karena penulis memakai penceritaan orang pertama. Cara pemaparan bergaya `aku’ plus ketrampilan melukiskan keadaan-alam sekitar, seperti tersaji dalam novel ini, mengingatkan saya pada kampiun `pelukis suasana’ yang terkenal, Karl May. Seorang kutu buku pasti akan mengenal Penulis Miunetou, Ketua Suku Apache MI.

Saya yakin Habiburrahman El Shirazy berhasil melukiskan suaasana kehidupan kota Mesir yang menjadi latar belakang cerita ini dengan begitu mengesankan karena ia mengalami sendiri hari¬-hari di kota-kota Mesir. Saya seperti melihat langsung Mesir dengan suasana panas 41 derajatnya. Saya seperti melihat mahattah atau stasiun-stasiun di sana. Gambaran rumah-rumahnya. Budaya masyarakatnya. Humor-humor yang digunakan orang Mesir. Dan banyak lagi yang lainnya. Saking berhasilnya penulis menghidupkan Fahri dan suasana di sekitarnya, saya sempat berpikir bahwa Fahri tidak lain adalah Habiburrahman El Shirazy sendiri. Sama persis, seperti saya dulu percaya bahwa Old Shatterhand adalah Karl May sendiri.

Membandingkan lebih jauh dengan Karl May, mungkin ada baiknya jika Penulis novel ini mencatumkan sebuah peta Mesir atau peta khusus kota Cairo sehingga pembaca lebih bisa menyelami di manakah Nasr City, Cairo, Maydan Husein, dan kota-kita lainnya yang disebut dalam novel.

Suasanayang dibangun juga diperkental dengan digunakannya bahasa Arab fssha (formal) maupun amiyah (informal) hampir dalam setiap paragrafnya. Dengan ini, catatan
kaki-catatan kaki yang diberikan sangat membantu pembaca. Ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab pasaran yang digunakan di sana-sini berhasil membawa pembaca ke dalam setting novel. Warna daerah terbangun dengan baik. Di sini saya jadi teringat pada caturlogi kumpulan sketsa-sketsa Umar Kayam mulai dan Mangan ora Mangan Kumpul hingga Satria Piningit dari Kampung. Pembaca kumpulan sketsa Pak Kayam akan langsung. mengenal bahwa Pak Kayam orang Jawa yang tentu saja lancar berbahasa Jawa dan tinggal di kompleks perumahan orang-orang Jawa. Seperti itu juga, settap pembaca novel ini akin langsung mengenal bahwa penulisnya-minimal pernah-tinggal lama di Mesir, dan tentu saja lancar berbahasa Arab.

Sehubungan dengan ketakutan saya semula terhadap novel ini sebagai sastra islami dan juga sehubungan dcngan disebutnya novel ini sebagai novel pembangun jiwa, yang menarik adalah kemampuan penulis untuk menyisipkan pesan-pesan moral dalam ceritanya. Kemampuan penulis untuk menyampaikan dakwahnya sangat halus sebagai bagian dari cerita. Kehalusan ini sangat berarti untuk tidak menimbulkan perasaan pembaca bahwa dakwah itu sengaja diselipkan dengan terpaksa. Bahkan tanpa kita sadari ilmu fiqih dan akidah kita bertambah setelah kita mengikuti dialog-dialog yang disampaikan. Tidak main-main, sebagai novel pembangun jiwa, novel ini ditulis dengan menggunakan sepuluh rcferensi. Bahkan `hanya’ untuk menuliskan adegan bertemunya Fahri dengan sahabat Nabi Imam lbnu Mas’ud dalam mimpi, penulis perlu mcndasarkan ceritanya pada Kitab Ar-Ruuh karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.

Karcna judul novel ini mengandung kata `cinta’ akan tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas kesan yang tertangkap bahwa novel ini merupakan novel romantis. Memang, novel ini juga novel asmara. Kehidupan Fahri diwarnai dengan kisah hubungan lelaki dan perempuan. Perasaan Fahri diceritakan dengan baik ketika ia harus menjadi rebutan tiga orang perempuan. Pada bagian cerita bulan madu Fahri dan Aisha jelas sekali digambarkan terjadinya adegan percintaan yang selalu merupakan bagian penting dari disebutnya novel asmara. Di sinilah kelebihan lain novel ini yang menceritakan hubungan suami-istri namun tidak terjatuh ke dalam kevulgaran.

Ditemani nasyid yang dinyanyikan oleh Sami Yusuf dalam judul Al-Muallim, Allahu, dan. Ya Mustafa yang saya putar berulang-ulang karena asyiknya, saya beberapa kali meneteskan air mata membaca novel ini. Beberapa bagian yang begitu indah, misalnya mimpi Fahri bertemu Ibnu Mas’ud mengingatkan saya pada kerinduan jiwa yang kotor ini terhadap Kekasih saya Al-Mu’allim Sang Guru Saw. Maka menjawab pertanyaan yang menjadi judul pengantar ini: inilah novel sastra yang berhasil memadukan dakwah, tema cinta dan latar belakang budaya suatu bangsa. Novel ini perlu menjadi acuan terutama bagi penulis `pemula’ yang sangat bersemangat untuk menulis sastra islami. Dan akhirnya saya berharap semoga Anda menemukan kesan yang sama atau bahkan sesuatu yang lebih balk dari kehadiran novel ini, novel Ayat-ayat Cinta.

Enschede, 10 Desember 2003

Download Novel =>
1.
Novel Ayat-Ayat Cinta 1
2.
Novel Ayat-Ayat Cinta 2

!!! File di atas hanya sebagian kecil dari isi novel Ayat-ayat cinta yang sesungguhnya. Hal ini sengaja saya lakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat baik di Indonesia maupun seluruh dunia sebuah karya fenomenal anak bangsa. Ini adalah novel pertama islami yang mampu menyaingi penjuangan novel teenlit… Pemaparan sebagian isinya di blog ini sesungguhnya didorong oleh keinginan untuk mempublikasikannya ke khalayak luas sehingga mampu mendongkrak lebih tinggi penjualannya :). Begitu banyak yang meminjam buku berharga ini dan kecantol sehingga tak mampu menahan diri untuk tidak membelinya sebanyak 2 eksemplar-satu untuk koleksi pribadi dan yang satu untuk dihadiahkan. Ini merupakan bukti bahwa manusia selalu butuh penyiram jiwa di tengah keringnya kehidupan. Semoga yang saya lakukan tidak melanggar pasal 2 ayat 1 dan pasal 49 ayat 1 dan 2 Undang-undang hak cipta. Dan semoga bermanfaat.

55 Tanggapan to “Novel Ayat-ayat cinta (Kata Pengantar+Download Buku)”

  1. ichsan231 said

    Dear Bani Hamzah
    Terima kasih dah mampir ke blog wordpress saya, semoga menjadi awal komunikasi yang baik.

  2. kurtubi said

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Bani Hamzah,
    apakabar, kebunku ada jejak manis dari kakimu.. luikuti dengan rela bercapai-capai dan hinggaplah di peraduanmu di sini.. hm banyak sekali hikmah tersebar di sini aku izin mengerlink jejakmu yaa.. makasih.

  3. [...] Link ebook sejenis : Blog Bani Hamzah [...]

  4. Muhammad Abrar said

    Sungguh luar biasa novel “Ayat-ayat cinta yang dikarang oleh Habiburrahman El Shirazy.Novel tersebut diminati oleh semua kalangan baik anak-anak,remaja,orang dewasa bahkan nenek kakek juga dibuat enjoy dengan bahasanya yang indah dan mudah dimengerti.bahkan juga novel islami indonesia pertama yang mampu menyaingi penjualan novel teenliit.Dalam novel ini diilustrasikan bagaimana hakikat cinta itu yang sebenarnya,yang bukan hanya cinta dunia,cinta nafsu.Semoga usaha penulis ini bermanfaat bagi para generasi muda yang haus dengan novel-novel yang beraroma religius yang tidak hanya mementingkan aspek duniawinya saja,tetapi juga mencakup aspek ukhrawi.Kita berharap penulis akan terus produktif menghasilkan karya-karyanya demi perbaikan moral bangsa terutama generasi yang sudah sangat terpuruk sekali.Semoga usaha penulis dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat ganda,Amiin.

  5. Muhammad Abrar said

    Sungguh luar biasa novel “Ayat-ayat cinta yang dikarang oleh Habiburrahman El Shirazy.Novel tersebut diminati oleh semua kalangan baik anak-anak,remaja,orang dewasa bahkan nenek kakek juga dibuat enjoy dengan bahasanya yang indah dan mudah dimengerti.bahkan juga novel islami indonesia pertama yang mampu menyaingi penjualan novel teenliit.Dalam novel ini diilustrasikan bagaimana hakikat cinta itu yang sebenarnya,yang bukan hanya cinta dunia,cinta nafsu.Semoga usaha penulis ini bermanfaat bagi para generasi muda yang haus dengan novel-novel yang beraroma religius yang tidak hanya mementingkan aspek duniawinya saja,tetapi juga mencakup aspek ukhrawi.Kita berharap penulis akan terus produktif menghasilkan karya-karyanya demi perbaikan moral bangsa terutama generasi muda yang sudah sangat terpuruk sekali.Semoga usaha penulis dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat ganda,Amiin.

  6. vennae said

    mang keren banget novel ini,ayat ayat cinta membuat orang yang mencintai saya jadi semakin sadar akan kesalahanya dulu,,,,,,,,,,,,,,,,,thankkkkkkkkkkkkkkkkkk

  7. Zhinta said

    WeikKs bAgUS BVuaNGetZZZ. KuerEn buAngEtzzzz… CiAYO yAUw
    Q TUnggU KaRyA SelanjuTNYa…:)

  8. Fiqouly Zulkarnain said

    assalamu’alaikum
    ana sangat takjum dengan novel ini…
    ingin rasanya ana mempunyai perangai yang ada pada fahri…
    insya Allah saya akan berusaha seperti fahri…
    banyak pelajaran yang dapat kita ambil…
    jazakallah khairo

  9. nurul syahida mukhtar said

    Assalamua’laikum..wr.wb

    novel ayat2 cinta sungguh luar biasa..penceritaan yang penuh hikmah dan gaya bahasa yg halus..ternyata novel ini diterima baik disini(malaysia)

    iium student,malaysia

  10. Heru said

    Assalamu’alaikum

    Novel Islami yang indah yang baru kubaca…
    terkesan dalam dihati…
    Indah tuk dinikmati kisah Fahri, Maria n Aisha…
    Seribu sayang tuk dilewatkan sebagai penyejuk hati…

    Heru

  11. Afrizon said

    Setelah membaca novel ayat-ayat cinta, kita merasa dibawa ke alam yang indah dan sejuk, dan mengajari kita bagaiaman mencintai pasangan (istri) dengan lebih baik dan benar sesuai dengan agama. terima kasih,

  12. novel ini banyak memberi pendedahan tentang keadaan masyarakat Mesir dan pada masa yang sama menyelitkan kisah yang memberi inspirasi kepada saya

    uitm student, malaysia

  13. daey said

    mas sepp bgt la novel ini saya baru baca novel sebagus ini
    ayat-ayat cinta..

  14. Lea said

    Subhanallah!..baru kali ini ada novel yang benar2 berpengaruh dalam hidup saya….pesan moral yang disampaikan terbentuk dan menuntun saya untuk hidup lebih baik, bagaimana sebuah prinsip hidup dan keyakinan benar2 diuji,..indah, penuh makna,..menyejukkan…
    Allah(swt) meanugrahi bakat yang sungguh berarti untuk orang banyak, layaknya Habiburrahman dan dia mengingatkan pesan2xNya dengan cara yang menakjubkan…

  15. agam maulana said

    saya baru mulai membaca jd belum bisa berkomentar banyak

  16. Arga seta said

    Wah pokok’e siip tenan mas..Sampai2 gak mau berhenti mbacanya.

  17. nieznaniez said

    aku sukaaaaaaaaaaaaaaaa sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii Ayat-ayat Cinta.
    sumpaaaaaaaaaaaaaahh…kereeeeeeeeeeeeenn banget !!
    paling keren waktu kisah mimpi si Maria. tertohok banget rasanya.
    oh, jadi pengen punya suami kaya Fahri. uuuuhh…

  18. Subahannallah,………………
    Alur ceritanya sangat hidup, seakan-akan kita sendiri yang menyelami cairo tanpa sedikitpun kita berpindah tempat,……
    kisah yang sangat kompleks, semua tertuang di novel ini, …………
    saya sempat berkhayal jika seandainya saya seperti fahri,…::)))
    novel ini seketika merubah cara pandang saya tentang cinta.
    danke.:)

  19. piQ said

    Ass..
    Thank’s for All………..!
    Wass..

  20. poetra said

    ass.wr.wb..
    matur nuwun…

  21. norman said

    benar-benar fenomenal
    alur, deskripsi, n penokohannya membuat kita larut dalam novel itu.

    meski membaca berulang-ulang ku takkan bosan

  22. Sill said

    Hari gini……???
    mnasih adakah orang yang seperti itu…\//

  23. cessi_benington said

    mkasih y….

  24. afa said

    mohon maaf sebelumnya.. saya ikut mendownload novel ayat ayat cintanya.. terima kasih sebelumnya yah..

  25. yushiku said

    ass…… kakak aku ikut download novel ayat-ayat cintanya ya…. thank’s….!

  26. fikri said

    asw,,,,,,,,,,,,,,,gw tungu bngt ni film nya

  27. bangzenk said

    iya mas, saya juga ga tahan bacanya.. sampe sekarang novel ini masih laris..

    salamhangat,
    -dari Eindhoven, Belanda

  28. pupuy jasinga said

    ngiring donlot yach,,,
    baru ngeuh setelah liat filmnya…
    jadi pengen baca novelny…
    heheheh
    thx…

  29. Faisol said

    thank’s bgt ya! sbnrnya q sdh bc, bwt koleksi aj,

  30. bapanya umar said

    Saya hanya baca sekilas novelnya dalam format chm.
    Yang sempat menarik perhatian, banyak kutipan hadits & perawinya.
    Tapi hingga hari ini, saya belum berani menyebutnya sbg “Novel Islami”,
    saya berkeyakinan masih banyak sumber ilmu, hikmah yang bisa diambil
    dari Al Qur’an & hadits dan kitab2 para ulama daripada hanya sebuah novel
    yang jauh nilai ilmiahnya.
    Belum lagi muncul filmnya…
    saya kaget Hanung B yang jadi sutradaranya, orang yang juga mendalangi film JOMBLO
    yang penuh dg maksiat, seks bebas. Orang seperti itu menjadi sutradara film Islami ??
    Belum para pemerannya, yg dlm kesehariannya JAUHHH dari nilai2 Islam..
    APanya yang Islami ..?

  31. ansyor said

    …mkash ya ats novelnya..
    oy,filmnya jga dunk???he3…

  32. Rohim said

    thx ya tas pdf nya

  33. zamika said

    aq ada dvd na aac, sapa yg mau bisa kontak aq di zamika89@gmail.com

    aq kirim pake jasa kirim, yg mau bisa lgsg kontak aq. oke?
    zamikaze.blogspot.com

    ada ebook nya juga.

  34. poepoets said

    Makasih novelnya, mohon ijin buat download ya..

  35. Annur Qamaryn said

    assalammualaikum..

    karya yg sgt bagus. hebat.

  36. Miza said

    Assalamualaikum
    Novel ini sangat booming
    saya harap ini merupakan awal dari sebuah kebangkitan
    filmnya juga benar-benar meledak
    ini bisa menjadi dakwah di dalam ruangan bioskop yang selama ini hanya di jejali berbagai jenis nama setan,mulai dari kuntilanak sampai suster ngesot
    samangat dakwah….
    Allahu Akbar

  37. assalamu’alaikum……….novel nya keren banget….tapi sayang filemny banyak sekali perbedaan dengan aslinya…kenapa y??????mudah-mudahan dengan kemunculan novel ini semakin membangkitkan ghirah para penulis muda islam untuk mengembvangkan kreatifitasnya….semoga novel ini di jadikan contoh bagi kehidupan anak muda jjaman sekarang…amiin..

  38. RIYADI said

    AssalaMUALAIKUM ,

    AYAT-AYAT CINTA Film Terpuji versi Forum film Bandung, Penulis novel mendapatkan Penghargaan Krya sastra mengenai Islam dengan kasih sayang so be Greates in Indonesia and Fenomenal Box Office 2,5 juta penonton dalam beberap bulan :)

  39. dwi retno said

    novelnya ternyata jauh lebih keren dari filmnya.jauuuuuuh lebih indah dibayangkan

  40. Nak Pa 2 Benks said

    Ayat ayat cinta menyentuh…

    Kak Abik hebaaaattttt

    ayat amat cinta juga keren

  41. wan said

    hahaha..memang best giler novel nie….
    saye da bace bukunyer….

  42. khusnin said

    Wah sulit amat sih cari gaya bahasa dalam novel AAC, tolong bantu aku, trims banget

  43. CeRitAx sERu banget mMbUAT kita INGIN mngKuti I2 SEmw<<<<<<<<<<<<<<<,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,………………………………………………………………………………………==================================================================================================================================================================================

  44. Cerita sangt sERu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    se4Ndy poenk

  45. amardhiatul said

    ceritanye penuh dengan romantik

  46. asthia s said

    jika ada kalimat pemikat yg indah di dunia ini..mgkn novel inilah yg terindah..

  47. adi said

    kerennn bangt sumpah

  48. adi said

    pokokya manteeebb,.,.,.

  49. Hermansyah said

    Saya terharu atas novel ayat2 cinta ini,,,,,,,,,,,,,,,,,,setelah membaca novel ayat2 cinta ini ana ingin pergi ke mesir,,,,,,,,,Semangat terus ya Habiburrahman….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  50. Ida Tea said

    sungguh saya sangat bangga bisa membaca buku yang sangat bermakna dari ayat – ayat cinta,
    meski saya membacanya sudah lama sekitar 3 tahun yang lalu, tapi sampai sekarang jalur cerita serta maknanya masih teringat di dalam benak saya.
    bahkan saya pernah merasa rindu dengan buku – buku selanjutnya yang mampu memberikan manfaat bagi saya …..

  51. royya said

    astaga.!!!!aku terharu bngt dan terinspirasi banget ni novel

  52. adi said

    cara download nya gmna?
    balas

  53. Wah … Nie novel keyenn deh (y)
    Good ;)

  54. heri irawan said

    Mau download kok g tau cranya,gmn si cranya…?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: