Bani Hamzah

Dan ‘hari-hari itu’ kami pergilirkan di antara manusia

Tentang Blog

Tempat kami menuliskan dan mengumpulkan semampu kami materi yang terkait peradaban Islam dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Untuk menawarkan wacana sekaligus solusi bagi peradaban dunia masa depan, bukan sekedar nostalgia, karena sejarah kejayaan seribu tahun yang terlupa itu tentu akan berulang .

Di tengah semakin rentanya peradaban barat yang saat ini memimpin dunia, peradaban materialis kapitalis syahwati yang menyimpan bom waktu bagi dirinya sendiri dan ummat manusia. Kita ummat Islam harus bangkit, dan telah bangkit sebenarnya, hanya saja masih terlalu sedikit dan lemah. Kita butuh gelombang. Kita butuh energi tsunami, kita butuh generasi-generasi robbani. Karena kita akan berjuang untuk sebuah proyek besar.

Ia adalah proyek yang telah lama digagas dan dirintis oleh para tokoh pemikir dan pembaharu Muslim baik di Timur Tengah mapun di belahan bumi seperti di anak benua Indo-Pakistan, di tanah arab, di dunia Melayu, dan di dunia Barat. Proyek “Membangun Kembali Peradaban Islam”. Dengan segala kekurangan dan kelebihan, kegagalan dan keberhasilan yang dicapai oleh para pendahulu, kita tentu tidak terlalu bodoh untuk bisa mengambil pelajaran dari mereka dan menyusun strategi baru bagi kelanjutan proyek tersebut.

Proyek ini semakin penting untuk dicuatkan kembali dan perlu terus direalisasikan secara perlahan-lahan. Sebab stigmatisasi masyarakat Barat terhadap Islam dan umat Islam dengan “fundamentalisme, terrorisme, ekslusifisme” dsb. yang marak akhir-akhir ini berangkat dari asumsi bahwa Islam hanyalah denominasi agama dan kepercayaan yang menghasilkan fanatisme. Akibat stigma ini umat Islam bersikap responsif dan reaktif sehingga cenderung hanyut ke dalam bahasa-bahasa peperangan psikis (psy-war) yang tidak produktif bagi dialog peradaban. Mereka seakan melupakan fakta bahwa Islam adalah sebuah agama yang telah terbukti mampu berkembang menjadi peradaban yang bermartabat yang kaya dengan konsep dan sistem kehidupan yang teratur selama berabad-abad lamanya.

Masyarakat dunia kini memerlukan dialog dalam bahasa peradaban, bukan hanya dalam bahasa agama. Disini identitas masing-masing peradaban perlu diperkenalkan kembali, untuk kemudian ditemukan sisi perbedaan dan persamaan agar dapat ditentukan bentuk kerjasama dan batas-batas toleransi yang dapat dan harus dipegang.

Secara internal proyek pembangunan peradaban Islam merupakan jawaban komprehensif bagi berbagai persoalan yang menggelayuti kehidupan umat Islam dewasa ini. Oleh karena itu diperlukan pembahasan yang agak radikal (dari radiksnya), yaitu dengan merujuk konsep-konsep dasarnya.(HFZ)

Karena peradaban Islam pernah dibangun dan memimpin dunia. Kita pun terkobar untuk bangun ia kembali.

Contact: bani.hamzah@yahoo.com

3 Tanggapan to “Tentang Blog”

  1. kurtubi said

    assalamu’alaikum wr. wb.
    hmm visi yang bagus dari seorang calon pemikir, semoga serambi mekah hadir di blog ini…

  2. bangzenk said

    Ini blog masih di urus ga???

    salamhangat

  3. kejam said

    Gag diurus lagi ya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: